Temani Kepala Stafnya Daftar Sebagai Kandidat Presiden, Presiden Ahmadinejad Terancam Hukuman Cambuk 74 Kali | Moral-politik.com

Temani Kepala Stafnya Daftar Sebagai Kandidat Presiden, Presiden Ahmadinejad Terancam Hukuman Cambuk 74 Kali

1

 

Moral-politik.com.   Akibat menemani Kepala Staf Kepresidenan Iran Esfandiar Rahim Mashaie untuk mendaftarkan diri sebagai kandidat presiden ke Kementerian Dalam Negeri, Sabtu (11/5/2013), Presiden Mahmoud Ahmadinejad terancam dihukum cambuk. Demikian ungkap Komisi Pengawas Pemilu Iran.

Berbagai media massa Iran menampilkan foto Ahmadinejad dan Esfandiar tengah berjabat tangan dan masing-masing mengangkat tangan dan membentuk lambang “V” alias kemenangan.

Soal kedatangannya bersama Ahmadinejad ke Kementerian Dalam Negeri, Mashaie mengatakan, Ahmadinejad hanya menemaninya di saat dia libur kerja. Demikian Reuters mengabarkan.

Namun, berdasarkan laporan situs berita Iran, Khabar Online, Senin (13/5/2013), Presiden Ahmadinejad di Kementerian Luar Negeri tengah memperkenalkan seseorang sebagai salah seorang kandidat dalam pemilihan presiden.

Abbas Ali Kadkhodai, juru bicara Dewan Pengawal, badan penasihat dewan, secara mutlak menyepakati bahwa tindakan Presiden Ahmadinejad memperkenalkan seorang kandidat presiden melanggar peraturan dan merupakan sebuah tindakan kriminal.

“Kami melaporkan fakta ini kepada dewan kehakiman,” kata Kadkhodai.

Dewan Pengawal adalah sebuah badan yang beranggotakan ulama dan hakim yang memeriksa dan mengawasi semua kandidat dalam pemilihan presiden.

Undang-undang pemilu Iran melarang penggunaan semua fasilitas dan sumber daya negara untuk melawan atau mendukung seorang kandidat presiden. Aturan lain adalah melarang seorang pejabat publik terang-terangan mendukung salah seorang kandidat.

Media massa Iran menulis, seseorang yang terbukti melanggar aturan undang-undang pemilu terancam hukuman enam bulan penjara atau hukuman cambuk 74 kali.

Kantor berita Mehr mengabarkan, Kadkhodai mengatakan pelanggaran undang-undang pemilu bisa berpengaruh buruk untuk pencalonan Esfandiar.

Mahmoud Ahmadinejad yang sudah berkuasa dua kali masa jabatan tak bisa lagi mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga dalam pemilihan presiden Iran yang akan digelar pada 14 Juni nanti.

 

Sumber: kompas.com

 

Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login